Bikin Panik Warga Sangatta Kutim, Kebakaran Lahan Terjadi Dekat Pemukiman

Headline, News4100 views

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Seminggu terakhir kebakaran hutan dan lahan kembali melanda Kabupaten Kutai Timur. Salah satunya yang terjadi di Jalan Pendidikan, Kecamatan Sangatta Utara, Sabtu (27/4/2024).

Kali ini kebakaran lahan gambut terjadi di sekitaran pemukiman warga. Kebakaran lahan itu diakibatkan cuaca panas ekstrim. Akibatnya api dengan mudah merambat dan membakar lahan tersebut.

Untuk memadamkan kebakaran lahan itu, satu unit mobil pemadam serta satu unit mobil tim sar Kutai Timur serta ormas masyarakat turun memadamkan api yang sempat membuat panik warga sekitar.

Komandan regu Dandru Pos Pendidikan, Dian menduga adanya api dipicu pembakaran lahan serta cuaca ekstrim. Untuk itu, dia menghimbau masyarakat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok serta melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan api.

“Menurut informasi yang kami himpun di markas, api berasal dari lahan warga yang kemudian merembet. Belum diketahui pasti apakah api berasal dari pembakaran lahan atau cuaca ekstrim dan kami juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu api,” jelasnya.

Sampai berita ini diturunkan, tim sar serta damkar masih melakukan pemadaman api serta bersiaga di lokasi karena sudah mendekati 20 meter dari pemukiman warga.

Diketahui, seminggu terakhir terjadi beberapa kebakaran hutan dan lahan di beberapa titik khususnya di daerah sangatta, Kutai Timur. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *