Jadi Destinasi Wisata Andalan Kutai Timur, Pemkab Bangun Pariwisata Teluk Lingga

Headline, News8400 views

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) serius dalam mengembangkan potensi pariwisata yang mereka miliki. Salah satu pengembangan pariwisata di Kutai Timur adalah Teluk Lingga.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dispar) Kutim, Nurullah mengatakan pengembangan pariwisata Teluk Lingga merupakan program dari Kutim.

“Ini Merupakan program Pemerintah Kabupaten Kutai timur, dikembalikan ini salah satu destinasi wisata di Kabupaten yang akan dikembangkan. Sebagaimana kita ketahui pembangunan pariwisata itu yang pertama adalah fasilitas kemudian aksesnya,” kata Nurullah kepada Indeks Media.

Dia menjelaskan saat ini pihaknya sedang mengerjakan akses jalan menuju objek wisata tersebut. “Kami juga ingin melengkapi fasilitas untuk para wisatawan seperti homestay, gazebo dan fasilitas lain yang ramah bagi pengunjung,” ungkapnya.

Dia mengatakan, 2023 lalu Dispar Kutim telah membuat perencanaan pengembangan pariwisata Teluk Lingga. Perencanaan tersebut saat ini sedang berjalan.

Tak hanya itu, Nurullah menjelaskan Teluk Lingga akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kutai Timur. Untuk itu, objek wisata itu sedang dibenahi.

“Anggarannya sudah kami hitung. Saat ini akses jalan menuju objek wisata ini tinggal 60 persen, karena tinggal pengaspalan,” ujarnya.

Pengunjung Teluk Lingga.

Sementara itu, pengunjung objek wisata Teluk Lingga, Ipda Afdhal terpukau dengan keindahan destinasi wisata tersebut.

Kanit PPA Polres Kutim itu mengatakan Kutai Timur memiliki potensi besar di sektor pariwisata, salah satunya Teluk Lingga. Untuk itu, dia berkeyakinan destinasi wisata tersebut bakal diserbu wisatawan dalam dan luar negeri.

“Kami melihat potensi besar yang baik buat Teluk Lingga. Kami yakin, objek wisata ini bakal ramai oleh pengunjung. Namun, perlu waktu, perencanaan yang baik untuk membangun agar ke depannya dapat menarik wisatawan ataupun masyarakat sekitar untuk berkunjung,” tuturnya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kutai Timur perlu membangun fasilitas dan akses jalan menuju Teluk Lingga. Sebab, menurutnya destinasi wisata tersebut akan sangat disukai wisatawan domestik dan luar negeri.

“Jika perlu dibuatkan villa dekat pantai, agar wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sambil nginap,” katanya.

“Selain itu, Pemerintah juga dapat memfasilitasi masyarakat sekitar yang ingin berjualan sehingga terbangun ekonomi kreatifnya,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *