Wakil Bupati Kutai Timur Nilai Kegiatan Adat Lom Plai Layak Digelar Skala Internasional

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang menghadiri pesta adat Lom Plai yang diselenggarakan di Desa Nahas Liah Bing, Kutai Timur pada 15 Maret sampai 24 April 2024.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman dan Ketua DPRD Kutim, Joni.

Pada kesempatan itu, Kasmidi Bulang menjelaskan pesta adat Lom Plai harus jadi kebanggaan masyarakat Kutai Timur. Bahkan, dia berharap kegiatan adat dan budaya ini dapat terus dilaksanakan.

“Bagi yang hadir ini haruslah berbangga. Sebab, kebudayaan ini sangatlah mahal dan kita wajib untuk melestarikannya,” ungkap Kasmidi Bulang.

Wakil Bupati Kutai Timur itu menjelaskan, pesta adat Lom Plai sangat layak untuk digelar dengan skala Internasional.

“Hari ini kita menyaksikan semua luar biasa sehingga acara ini berjalan nantinya kedepan kami support kegiatan ini. Pemerintah juga sangat mensupport secara penuh kegiatan ini,” kata Kasmidi Bulang.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur, Joni, dalam acara tersebut menunjukkan dukungan yang kuat terhadap pelestarian warisan budaya daerah.

Joni menerangkan di era teknologi modern saat ini, tradisi dan budaya seringkali terpinggirkan. Namun, melalui acara adat seperti Lom Plai, masyarakat dapat memperkuat kembali nilai-nilai budaya lokal yang telah ada sejak zaman dahulu.

Ia pun amat bersyukur dan berterima kasih karena telah dipercaya dan diundang untuk menghadiri gelaran tersebut.

“Saya dapat kehormatan diundang menghadiri acara adat Lom Pai, ini adalah acara tahunan. Hari ini kita menyaksikan semua luar biasa sehingga acara ini berjalan sukses,” kata Joni.

“Bagaimanapun juga adat ini bersaing dengan teknologi zaman sekarang. Nah, kalau kita bisa lestarikan kebudayaan ini berarti kita luar biasa,” tambahnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *