Pesta Panen, Wakil Bupati Kutim Tampung Aspirasi Petani

Headline15600 views

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, menghadiri Pesta Panen Sawah di Jalan Petani Kilo 1, Sangatta Selatan, Jumat (14/06/2024). Pesta panen itu juga dihadiri kepala desa Persiapan Pinang Raya, ketua RT, dan Kelompok Tani Sumber Makmur.

Tiga kelompok tani (Poktan) turut mengikuti pesta panen tersebut. Sekitar 60 hektare sawah dipanen, dengan jumlah hasil panen mencapai puluhan ton padi.

Kasmidi Bulang mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan panen raya ini. Menurutnya, pesta panen merupakan wujud syukur petani atas hasil panen yang mereka dapatkan.

“Alhamdulillah, kami melihat masyarakat bergembira dengan panen raya ini yang telah berlangsung selama kurang lebih satu minggu,” ucap Kasmidi.

Dia menekankan pentingnya panen raya ini dalam meningkatkan ketahanan pangan di Kutim Ketua DPD Penyuluhan Pertanian (Perhiptani) Kutim, itu menerima berbagai masukan dan keluhan dari para petani terkait kurangnya sarana dan prasarana panen, teknologi yang kurang memadai, serta perairan sawah yang belum optimal.

“Lewat kelompok tani tadi, keluhan-keluhan telah disampaikan dan secara bertahap akan kami penuhi, khususnya dalam hal pengolahan padi menjadi beras premium,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kasmidi mendapatkan keluhan distribusi padi yang masih susah, dikarenakan beratnya biaya penjualan.

“Insya Allah, ke depannya pemerintah akan menghadirkan teknologi-teknologi yang mempermudah pasca panen,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua kelompok tani Sumber Makmur, Syafaruddin Jafar, mengungkapkan rasa senang dan bangganya atas kehadiran Wakil Bupati dalam acara panen raya ini.

“Dengan adanya Pak Wakil Bupati ke sini, kami sangat bangga. Pak Wakil bisa ikut panen bersama para petani,” ujarnya.

Syafaruddin berharap perhatian pemerintah terhadap pertanian di Kutim dapat mensejahterakan para petani dan memudahkan proses panen. Selain itu, juga Pemkab Kutim dapat merealisasikan seluruh kebutuhan petani.

“Kami berharap apa yang kami sampaikan kepada Pak Wakil Bupati tadi dapat terwujud, sehingga memudahkan kami dalam bertani,” tandasnya. (adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *