DTPHP Kutai Timur Progres Gencarkan Program Swasembada Daging Sapi

Daerah, Headline, News4200 views

Kutim — Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) saat ini sedang melakukan program prioritasnya yaitu swasembada daging sapi.

Kepala DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Antonius Kurniawan Dewanto, mengatakan pihaknya tengah melakukan program inseminasi buatan.

Hal itu dilakukan lantaran jumlah impor hewan ternak dari luar daerah untuk masuk ke Kutim terbilang tidak sedikit. Apalagi, tambah Antonius, Kalimantan Timur (Kaltim) didaulat sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kutim diperkirakan masuk sebagai daerah penyanggahnya.

“Jadi kita ada namanya program inseminasi buatan, kawin suntik. Itu kita lakukan terus. Nahh kita kan nanti kebutuhannya jauh lebih besar, apalagi ada IKN ini,” ucap Antonius saat dihubungi, Selasa 11 Juni 2024.

“Jadi kita tetap berjuang terus swasembada daging sapi lah di Kutim. Salah satu upayanya inseminasi buatan dan pengadaan serta pembelian sapi-sapi betina yang akan kawin suntik itu,” sambungnya menerangkan.

Dia pun berharap ke depannya bakal ada pihak swasta yang melakukan kerja sama dengan PTPHP dalam upaya mempercepat programnya itu. Karena, kata dia, kebutuhan masyarakat terhadap daging sapi semakin hari semakin bertambah.

“Untuk saat ini kita sebenarnya harap ada perusahaan swasta yang masuk bekerja sama. Sampai saat ini belum ada sih. Yang dikerjakan oleh dinas ini kan peternakan-peternakan milik masyarakat, kita optimalkan,” katanya.

“Sapi-sapi betinanya kita kawin suntik. Kemudian adakan pengadaan sapi-sapi betina produktif, kita sebar ke masyarakat, mereka pelihara dan kita suntik. Karena memang sapi ini kebutuahannya masyarakat makin lama tambah meningkat. Itu yang kita prioritaskan dulu. Karena 70-an persen kita masih ambil dari luar,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *