Basri Rase dan Chusnul Dhihin Belum Penuhi Syarat Jalur Independen

Daerah, Headline, Politik15900 views

Bontang — KPU Bontang menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi administrasi (vermin) untuk bacalon perseorangan (independen) pada Senin 13 Mei 2024 hingga Minggu 2 Juni 2024.

Ketua KPU Bontang Muzarroby Renfly mengatakan setelah melalukan vermin, dukungan bacalon dalam hal ini Basri Rase dan Chusnul Dhihin mencapai 16.395 dukungan.

“Jumlah dukungan yang dinyatakan memenuhi sayat adalah 10.011. Dukungan yang dinyatakan belum memenuhi syarat adalah 1.324. Dan dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebanyak 5.060,” ucap Roby dalam pers rilisnya, Sabtu (1/5).

“Jumlah tersebut kata Roby kurang dari dukungan minimal sebanyak 13.160 orang yang telah ditetapkan. Sementara dukungan hasil vermin tersebut tersebar di 3 kecamatan,” katanya.

“Sebaran tersebut lebih banyak dari minimal sebaran 2 kecamatan yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Selanjutnya hasil vermin dituangkan ke dalam berita acara dengan menggunakan formulir model BA.VERMIN.DUKUNGAN.KWK-KPU. Lalu Formulir ini disampaikan kepada bacalon perseorangan atau petugas penghubung dan Bawaslu Bonfang serta diupload dan di sampaikan melalui SILON

“Dengan demikian, status berkin bacalon dinyatakan belum memenuhi syarat dan selanjutnya dapat mengikuti tahapan perbaikan kesatu dokumen syarat dukungan,” terangnya.

Roby melanjutkan, pada Senun hingga Jumat (3-7/6) paslon perseorangan dapat mengajukan dukungan perbaikan berupa dukungan baru yang belum pernah diajukan sebelumnya pada penyerahan dokumen syarat dukungan.

“Kemudian dukungan yang dinyatakan belum memenuhi syarat berdasarkan hasil vermin dan telah diperbaiki atau dilengkapi. Selanjutnya tahapan vermin perbaikan kesatu dokumen dukungan oleh KPU Kota Bontang pada Sabtu, 8 Juni sampai Selasa, 18 Juni 2024,” pugkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *