Upaya Peningkatan Prestasi Olahraga Kutim, Wakil Bupati: Lakukan Pemetaan Bakat Anak di Sekolah

Daerah, Headline, News2400 views

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang mengaku telah melakukan pemetaan untuk mengetahui minat olahraga anak-anak Kutai Timur.

Hal itu dia ungkapkan pada Rabu (8/11/2023). Dia menjelaskan sektor olahraga masyarakat harus disupport oleh Pemerintah Daerah.

“Saya pikir dengan APBD yang cukup besar ini harapan kita masyarakat bisa mengeluarkan minat dan bakatnya di bidang olahraga. Yang perlu dibenahi dan disupport untuk peningkatan adalah program pemerintah yang lagi kita jalankan ini,” jelas Kasmidi.

Dia menambahkan tahun ini, Dinas Pemuda Olahraga Kaltim sedang membuat pemetaan. 18 Kecamatan telah mereka datangi dan menghadirkan para guru olahraga di semua Kecamatan tersebut.

“Kita bentuk zona. Zona 1 itu ada 5 kecamatan. Zona 2 itu ada delapan, zona 3 ada 3. Terus zona 4 itu ada 6 dan total ada 14 kecamatan kita kumpulkan semua di situ. Mereka kita berikan bimbingan teknis terus mereka kita kembalikan ke sekolah masing-masing,” jelasnya.

“Programnya setelah nanti tahun depan, itu setelah dipetakan nanti, KONI turun dengan cabang olahraga masing- masing. Contohnya di Kombeng di komplek itu mayoritas bola nanti cabang olahraga bola terus dampingi cabang olahraga yang lain itu yang turun langsung jadi benar benar terarah,” ungkapnya.

“Para guru olahraga itu kita panggil dulu. Kita berikan bimtek, habis itu kita suruh mereka pemetaan ke sekolah masing-masing nanti data itu muncul. Nah jadi bagusnya setelah nanti data itu muncul bukan hanya nanti. Karena itu hobinya olahraga apa, tapi akan muncul berapa kebutuhan,” sambungnya.

Meski demikian, program itu tetap menemui kendala. Salah satu kendalanya adalah kurangnya infrastruktur olahraga seperti lapangan.

“Tapi, kendala itu sama-sama kita atasi. Kami yakin, bila semua ikut mensupport program ini, pasti akan memberikan hasil yang positif,” jelasnya.

Tak hanya itu, Kasmidi Bulang juga mengaku akan melakukan pembenahan di dalam cabang-cabang olahraga yang ada di Kutai Timur.

“Lebih bagus kalau kita benahi internal dululah ya biar kita siap dulu. Soal 2024 itu pasti lebih banyak lagi ya Nasional seperti takraw nanti sudah kita ekspor Nasional,” tandasnya. (adv/hlm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *