Disdikbud Kutim Salurkan BOSP Tahap Pertama, Ini Kata Kadisdikbud

Headline, Pendidikan8000 views

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Timur (Kutim) melakukan penyaluran Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Timur (Kutim), Mulyono melalui Kabid Pendidikan Menengah Pertama Ilham mengaku bahwa tahun 2024 penyaluran ini adalah suatu kemajuan besar. Sebab Kemendikbud RI telah menyalurkan lebih cepat dari tahun sebelumnya.

“Kalau di tahun sebelumnya itu di bulan 3-4, nah tahun ini maju di Januari. Jadi uang itu (dana BOSP) sudah ada di rekening sekolah masing-masing baik itu TK Paud, SD, SMP hingga SMA/SMK bahkan Bidang pendidikan non formal seperti pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) juga disalurkan, BOSP kesetaraan namanya,” kata Ilham saat, Jumat (02/2/2024).

Hal ini juga sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 63 tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelolaan Dana BOSP.

Sementara itu, target BOSP, pada bulan Maret 2024 mendatang, seluruh satuan pendidikan telah menerima dana BOSP tahap satu.

Dia juga menjelaskan dengan adanya dana BOSP, Disdikbud Kutim telah melakukan sosialisasi dan mengumpulkan seluruh unsur sekolah ditingkat SMP, baik negeri hingga swasta serta melibatkan kepala sekolah yang ada di Kutim.

Tak hanya itu, Ilham juga menyebut pihaknya bahkan menghadirkan operator Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

Tujuannya untuk memanagemen perencanaan, pengelolaan serta pelaporan dana BOSP melalui Arkas tersebut. Selain daripada itu juga untuk mensinkronisasikan agar pemanfaatan dana BOSP tersebut bisa maksimal.

“Di situ nanti (Arkas) di susun apa kebutuhan sekolah, akan dibelanjakan apa itu duit,” sambung Ilham. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *