Bentuk Karakter Siswa, Dispora Kaltim Gelar Kemah Pramuka Penegak

Daerah, Headline, News11700 views

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa.

Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir.

Karakter ini dibentuk dari kegiatan alam yang biasanya dilakukan oleh organisasi kepramukaan.

Atas dasar ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Timur (Kutim) menggelar kemah bagi Pramuka Penegak.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman belakang Kantor Dispora Kutim, Jalan Soekarno Hatta, Sangatta Utara itu digelar selama dua hari. Dimulai dari tanggal 24 dan 25 November 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kutim yang diwakili oleh Jabatan Fungsional (Jabfung) Layanan Kepemudaan, Daniel Pangloli mengatakan kegiatan tersebut diikuti enam sekolah.

“Ini kegiatan rutin tahunan, yang mana digelar mulai dari Pramuka tingkat SD hingga SMA,” ungkapnya, Jumat (24/11/2023).

Dia menambahkan, dalam kegiatan itu, peserta mengikuti lomba hias tenda dan yel-yel per regu.

Daniel juga menuturkan enam sekolah yang mengikuti kegiatan itu adalah SMAN 1 Sangatta Utara, SMAN 2 Sangatta Utara, SMKN 1 Sangatta Selatan, SMAN 1 Sangatta Selatan, SMK Muhammadiyah dan SMK Katolik Sangatta.

Daniel menambahkan, walaupun saat ini masih diikuti sekolah yang ada di Sangatta, kedepan pihaknya berencana akan mengundang sekolah lain di luar kota Sangatta.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan Pramuka ini kiranya mereka tetap bersemangat, terus mengembangkan diri dan menerpakan nilai-nilai dasa dharma Pramuka,” jelasnya.

“Sebab itu akan meningkatkan potensi baik secara fisik, spiritual, mental dan juga sosialnya,” tandasnya. (adv/hlm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *