Bentuk Karakter Siswa, Disdikbud Kutai Timur Gelar Pesantren Kilat Bagi Siswa SMP

Headline, News, Pendidikan14800 views

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar pesantren kilat Ramadan tingkat SMP.

Kegiatan itu berlangsung di Masjid Al Faruq Bukit Pelangi Sangatta, Rabu (27/3/2024). Kegiatan pendidikan keagamaan itu dihadiri Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman.

Hadir pula Kepala Kementrian Agama Kutai Timur, Kepala Dinas Disdikbud, Mulyono serta ustadz Muhammad Yasir dan guru.

Pesantren kilat Ramadan 1445 H ini dimulai dengan pembukaan Bupati Kutai Timur. Pesertanya sendiri terdiri dari siswa. Mereka didampingi para guru pendamping.

Dalam kegiatan itu dimeriahkan dengan lomba kaligrafi, adzan, pidato serta pemberian santunan kepada anak yatim piatu.

Ketua Panitia, Ilham menyampaikan kegiatan ini dilatar belakangi menyambungkan iman, taqwa dan karakter peserta didik.

“Kegiatan dalam pesantren kilat ini beragam. Kegiatan ini juga sangat baik untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dalam siswa sebagai bekal mereka saat dewasa kelak. Terimakasih pula kepada guru dan kepala sekolah yang menghadirkan anak didiknya,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kadisdikbud Kutim mengatakan kegiatan ini merupakan upaya membentuk karakter siswa yang disinkronkan dengan kurikulum merdeka.

“Sekaligus mengisi kegiatan siswa di bulan suci Ramadan. Kami harapkan dalam kegiatan ini dapat meningkatkan nilai dan takwa, sebab sangat terkait dengan kurikulum merdeka khusus di pendidikan karakter untuk peningkatan iman dan takwa,” katanya.

“Dan alahmdullilah hari ini kami telah melaksanakan kegiatan pesantren kilat pada 4 kecamatan yaitu Sangatta Utara, Sanggata Selatan, Bengalon serta Teluk Pandan dengan jumlah kuota 600 siswa. Kegiatan ini diisi dengan berbagai macam lomba,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman sangat mengapresiasi pesantren kilat itu. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada guru yang telah mendampingi siswa yang ikut dalam pesantren kilat.

“Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada guru pendidikan agama Islam SMP yang telah mendampingi siswanya. Saya juga menyampaikan bahwa di masjid ini sudah kami lengkapi fasilitas untuk manasik haji karena sudah ada properti ka’bah dan lainya untuk menunjang latihan anak-anak dalam meningkatkan keimanan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi yang terbaik untuk anak didik kedepan,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *