Antisipasi Banjir, PUPR Kutai Timur Bangun Drainase di Empat Titik

Daerah, Headline, News9000 views

KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Banjir merupakan permasalahan yang sering timbul di daerah-daerah Kalimantan Timur. Tak terkecuali di Kutai Timur (Kutim).

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur terus berupaya agar permasalahan seperti banjir dapat segera diatasi.

Untuk menekan permasalahan ini, Pemkab Kutim melakukan pembangunan drainase di beberapa titik yang berpotensi mengalami banjir.

Program peningkatan drainase merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menunjang Sasaran Pembangunan Nasional terkait dengan usaha-usaha pemerataan pembangunan di seluruh Nusantara.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Joni Abdi Setia menjelaskan program drainase akan dilaksanakan di empat lokasi berbeda di Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur.

Untuk pembangunan drainase ada 4 lokasi. Pertama Kabo Jaya. Kedua Jln H.M Ardan, selanjutnya Jl. Dayung dan Apt Pranoto,” jelas Joni Abdi Setia.

“Itu lokasi untuk drainase perkotaan. Dan ini ditujukan sebagai salah satu upaya banjir yang merupakan program kerja tahun 2023-2024,” sambung Joni.

Joni menjelaskan dengan pembangunan drainase ini diharapkan bisa menekan banjir saat hujan maupun saat musim air pasang.

Meski demikian, kata Joni, peran masyarakat juga sangat penting untuk menekan permasalahan banjir. Contoh paling sederhananya adalah dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat.

“Pastikan selalu membuang sampah pada tempat pembuangan sampah agar bisa mencegah banjir serta memperindah Kota Sangatta,” kata Joni.

Joni menambahkan untuk tahun 2023-2024 pembangunan akan terus berjalan pelaksanaannya sesuai dengan program kerja.

Dia juga mengatakan, proyek pembangunan itu tidak perlu menggunakan administrasi atau lelang dan lain-lain sebab sekali jalan.

“Dan juga untuk pembiayaan nya sudah disiapkan sampai 2024,” ucap Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Joni Abdi Setia pada awak media. (adv/hlm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *