Disdamkartan Kutim Pasang 280 Plang “Call Center” di Setiap Gang Pemukiman
KUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Sebanyak 280 Plang “Call Center” yang bertuliskan nomor darurat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kutim akan disebar secara bertahap di setiap gang pemukiman di wilayah Sangatta.
Hal itu sebagai upaya Disdamkartan Kutim dalam menangani berbagai macam keluhan dan laporan yang berkaitan langsung dengan Kebakaran dan Penyelamatan di lingkungan masyarakat.
Karena, terkadang saat musibah kebakaran terjadi, masyarakat panik dan tidak langsung menghubungi Petugas Pemadam sehingga terkesan Petugas Damkar lambat merespon keluhan masyarakat.
“Padahal terkadang masyarakat tidak langsung melapor ke kami lewat telepon, tetapi laporannya langsung datang ke kantor, padahal api keburu membesar dan jarak menuju kantor cukup jauh,” ujar Kasi Pencegahan dan Inspeksi Disdamkartan Kutim, Adriansyah, Rabu (16/10/2024).
Oleh sebab itu, pihaknya menyiapkan plat baja yang anti air berukuran lebar 13 centimeter panjang 15 cm dan bertuliskan call center Disdamkartan Kutim, agar masyarakat bisa secara langsung menghubungi pemadam saat membutuhkan bantuan kebakaran dan sebagainya tanpa harus mendatangi kantor.
Adapun sasaran pemasangan plat call center ini berada di 2 Kecamatan, yakni Sangatta Utara dan Sangatta Selatan dengan total 6 desa, Desa Sangatta Utara, Desa Singa Gembara, Desa Swarga Bara, Kelurahan Teluk Lingga, Kelurahan Singa Geweh dan Desa Sangatta Selatan.
Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk meminta izin pemasangan plat tersebut di depan gang atau tempat-tempat umum dan fasilitas publik seperti taman, pasar dan sekolah.
“Harapannya saat terjadi kebakaran atau memerlukan bantuan evakuasi penyelamatan masyarakat bisa langsung menghubungi pemadam,” ungkapnya.
Sebagaimana diinformasikan untuk anggaran perubahan Disdamkartan menambah jumlah pengadaan plat call center kurang lebih sebanyak 600 plang.
Tinggalkan Balasan