INDEKS MEDIA KALTIM

Berita Hari Ini di Kalimantan Timur (Kaltim)


Bisa Mengundang Wisatawan Mancanegara, Kemenkraf Apresiasi Pelestarian Budaya di Kutim

admin | Jumlah pembaca: 5500 views
Acara Lom Plai di Kabupaten Kutai Timur (dok: ek)

Kutim — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) apresiasi besar gelaran adat Lom Plai yang diselenggarakan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Hal itu dikatakan staf ahli Bidang Pengembangan Kemenkraf Masruroh saat menghadiri agenda tersebut, Sabtu (20/4).

Ia mengatakan event budaya memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi daerah.

Melalui upacara adat dan tradisi lokal, event-event ini tidak hanya memperkuat identitas budaya suatu daerah, “tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian.”

“Hal ini tercermin dari kontribusi yang diberikan oleh event budaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara,” tambahnya.

Dengan demikian, kata dia, event-event tersebut bukan hanya sekadar perayaan budaya setempat, tetapi juga menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung dan menikmati kekayaan budaya Indonesia, termasuk Kutim.

“Dampaknya pun sangat luas, bukan hanya dalam hal promosi pariwisata, tapi juga peningkatan ekonomi daerah. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, event budaya bisa berkontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah,” terangnya.

“Pendapatan dari sektor pariwisata akan meningkat secara langsung melalui pengeluaran wisatawan selama kunjungan mereka, serta secara tidak langsung juga melalui berbagai sektor pendukung pariwisata seperti transportasi, akomodasi, dan kerajinan lokal,” tambahnya.

Selain itu, event budaya juga berperan dalam memperkuat nilai-nilai lokal dan kearifan tradisional yang dimiliki oleh masyarakat setempat.

Hal ini tidak hanya memperkuat jati diri bangsa, tetapi juga membuka peluang bisnis baru dan pengembangan produk wisata berbasis budaya.

Dengan demikian, “event budaya bukan hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga menjadi motor penggerak ekonomi daerah yang potensial.”

Dalam konteks globalisasi, menurutnya promosi dan pengembangan event budaya menjadi kunci penting dalam memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia luar.

“Dengan memanfaatkan potensi budaya yang sungguh Agung, kita dapat memperluas pasar pariwisata dan menciptakan peluang investasi yang berkelanjutan,” sebutnya.

“Oleh karena itu, sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku pariwisata dalam mendukung event budaya sangatlah penting untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan industri pariwisata di masa depan,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini